12 Tips merawat kucing kampung

Kucing kampung merupakan jenis kucing yang sering kita jumpai di sekitar kita. Kamu tertarik ingin memelihara kucing kampung? Kucing kampung sama seperti kucing lainnya yang juga membutuhkan perawatan. Merawat kucing kampung bukan hal yang sulit. Pada artikel kali ini akan membahas tentang tips merawat kucing kampung.

Merawat kucing kampung bukanlah hal yang sepele. Kamu harus merawatnya dengan baik.

12 Tips merawat kucing kampung

  1. Memandikan kucing

Pastinya jika ingin kucing yang dipelihara bersih, maka harus memandikannya. Memandikan kucing secara teratur akan membuat kucing selalu bersih. Mandikan kucing secara teratur. Misalnya, seminggu sekali. Lebih baik gunakan sampo khusus kucing. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya rontok pada bulu kucing.

Baca juga : Makanan kucing My Pet, murah tapi tidak murahan

2. Membersihkan lingkungan agar tetap bersih

Menjaga lingkungan agar tetap bersih dapat menghindarkan kucingmu dari berbagai penyakit. Selain itu, rumahmu akan menjadi terlihat bersih.

3. Memberikan makanan kucing yang sesuai

Pada umumnya, makanan kucing dibagi menjadi dua jenis, yakni dry food dan wet food. Kamu bisa memberikan dua jenis makanan tersebut. Tetapi, jangan berikan dalam waktu yang bersamaan.

Dry food adalah makanan kering. Sedangkan, wet food adalah makanan kucing basah

4. Memberikan minuman yang higienis

Tidak hanya memberikan makanan yang higienis. Kamu juga harus memberikan minuman yang higienis. Usahakan gunakan air yang sudah matang.

5. Memberikan susu kucing

Untuk membantu pertumbuhan pada kucing, berikan juga susu yang diformulasikan khusus untuk kucing. Jika memberikan untuk anak kucing, gunakan juga botol susu beserta dot khusus kucing.

Protein pada susu kucing akan membantu pertumbuhan pada kucing. Memberikan susu kucing juga dapat menghindarkan kucing dari diare.

6. Memberikan vitamin

Vitamin dapat meningkatkan daya tahan tubuh, nafsu makan, dan mempercantik bulu kucing. Kamu bisa membelinya di pet shop terdekat.

7. Memberikan obat cacing secara teratur

Cacingan kerap terjadi pada kucing. Cacing akan memakan Sebagian makanan yang dimakan oleh kucing. Cacingan pada kucing dapat menyebabkan kucing menjadi kurus. Maka dari itu, berikan obat cacing secara teratur.

Berikan obat cacing 3 bulan sekali. Dosis obat cacing yang diberikan dapat dilihat pada kemasaan obat cacing tersebut. Untuk mengetahui dosis yang diberikan, kamu juga harus mengetahui berat dari tubuh kucingmu.

8. Berikan vaksin

Kucing juga perlu diberikan vaksin. Bawa ke dokter hewan untuk melakukan vaksinasi. Beberapa vaksin yang bisa kamu berikan yakni rabies, herpes, panleukopenia, calicivirus.

9. Mengajak kucing bermain

Setelah selesai bermain dengan kucing, jangan lupa untuk memberikan makan atau cemilan untuk kucing. Karena kucing setelah selesai beraktivitas akan kehilangan banyak tenaga. Memberikan makan setelah bermain akan membantu memulihkan tenaga kucing. Kalori yang sudah terbuang dapat langsung diganti sehingga tidak akan menurunkan berat badan kucing.

10. Membersihkan kuku dan telinga kucing

Membersihkan kuku kucing juga dapat menghindarkan kucing dari infeksi berbahaya. Kamu bisa memotong kuku kucing menggunakan pemotong kuku khusus kucing. Saat memotong kuku kucing jangan sembarangan ya.

Bersihkan juga telinga kucing. Gunakan cotton bud dan baby oil untuk membersihkannya. Bersihkan secara perlahan hingga bersih.

11. Jangan memberikan makanan mentah

Kucing kampung biasanya lebih menyukai makanan berbau amis. Seperti daging mentah. Lebih baik hindarkan hal tersebut. Karena terdapat mikroorganisme berbahaya yang bisa menginfeksi kucing.

12. Berikan fasilitas yang lengkap

Terakhir, berikan kucingmu fasilitas. Seperti, pasir untuk membuang kotoran, litter box dan kandang. Memberikannya litter box, dan pasir kucing membuat kucingmu tidak membuang kotoran secara sembarangan.

Mulai tertarik untuk merawat kucing kampung? Nah, itulah 12 Tips merawat kucing kampung. Semoga tips yang ada pada artikel kali ini bermanfaat.

Baca juga : 7 Tips agar kucing selalu sehat & bersih

12 Tips merawat kucing kampung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas