7 Tips agar kucing selalu sehat dan bersih

Sebagai makhluk hidup, kucing juga bisa terkena penyakit. Maka dari itu, sebagai pemilik kucing kita harus merawatnya agar selalu sehat dan bersih. Kamu nggak mau kan kucing kamu tiba – tiba sakit. Siapa sih yang nggak mau kucing peliharaannya sehat. Tapi, Apasih tips agar kucing selalu sehat dan bersih? Nah, pada artikel kali ini akan membahas 7 tips agar kucing selalu sehat dan bersih.

7 Tips agar kucing selalu sehat dan bersih

  1. Rutin memberikan vaksin

Memberikan vaksin secara rutin akan membuat kucingmu terbebas dari penyakit. Kamu harus rutin memberikan vaksin ke kucingmu. Caranya mudah kok, bawa kucingmu ke dokter hewan untuk melakukan vaksinasi.

2. Rutin memberikan vitamin

Vitamin juga berguna untuk menjaga daya tahan tubuh si kucing agar tidak mudah terkena penyakit. Vitamin mengandung sejumlah nutrien penting. Seperti mineral dan antioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan imun tubuh. Kamu bisa membelinya melalui pet shop terdekat.

3. Pilih makanan yang sehat dan bergizi

Makanan kucing Bolt (Sumber : Dokumen penulis)

Sebagai owner atau pemilik kucing, diwajibkan untuk memberikan makanan kepada kucing. Pastikan juga makanan yang diberikan sehat dan bergizi. Saat akan memilih makanan yang akan digunakan untuk kucing, jangan memilih sembarangan. Cek terlebih dahulu nutrisi yang terkandung pada makanan kucing itu. Pastikan kandungan yang ada pada makanan kucing tersebut sesuai dengan yang dibutuhkan kucingmu.

4. Variasi makanan

Makanan kucing pada dasarnya terdapat dua jenis, yakni makanan kucing kering dan basah. Kamu harus mengutamakan memberikan makanan kering. Makanan kering juga dapat melatih gigi kucing dan makanan kering dapat mencegah timbulnya plak karena makanan kering tidak menyisakan kotoran pada gigi.

Nah, untuk makanan basah dapat digunakan jika daya gigit kucing sudah melemah dan kurangnya asupan air. Makanan basah dapat digunakan untuk anak kucing dan kucing yang sudah tua.

5. Rutin membersihkan kandang

Kandang kucing harus rajin dibersihkan agar tidak menjadi kotor. Kandang yang kotor dapat menjadi sarang penyakit.

6. Jika kucing sakit langsung bawa ke dokter hewan

Kucing apabila sedang sakit akan menunjukkan tingkah laku yang berbeda dengan saat dia sehat. Jika kucing sudah memunculkan gejala – gejala penyakit, seperti mual – mual, diare, dll. Dapat segera dibawakan ke dokter hewan untuk penanganan lebih lanjut.

7. Memandikan seminggu sekali

Memandikan kucing dapat dilakukan dua minggu sekali atau saat kucing sudah kotor dan bau. Perhatikan juga kondisi kesehatan kucing dan cuaca. Apabila kucing sedang dalam kondisi sakit, maka sebaiknya jangan dimandikan terlebih dahulu. Jika cuaca sedang hujan, lebih baik juga jangan dimandikan.

Baca juga : 12 Tips merawat kucing kampung

Kesimpulan

Semoga kucing yang kita pelihara menjadi sehat selalu dan tidak terkena penyakit apapun. Aamiin.

Itulah 7 Tips agar kucing sehat dan bersih. Kucing selalu sehat dan tidak mudah terkena penyakit kita nantinya juga akan ikut senang. Semoga tips pada artikel kali ini bermanfaat ya.

7 Tips agar kucing selalu sehat dan bersih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas