Apa itu Grooming? Ini 8 hal yang harus di perhatikan

Pasti kalian pernah mendengar istilah Grooming. Tapi apasih Grooming itu? Dan apakah juga wajib dilakukan jika memelihara kucing? Simak penjelasannya berikut

Pengertian Grooming

Grooming adalah memandikan kucing. Memandikan kucing sudah menjadi hal yang bisa dibilang wajib dilakukan oleh pemilik kucing. Hal tersebut dilakukan agar kucing tidak memiliki banyak kutu dan menjadi lebih bersih. Jadi, apakah grooming wajib dilakukan? Lakukan grooming agar kucing menjadi lebih bersih.

Grooming atau memandikan kucing juga harus memperhatikan beberapa hal. Agar saat grooming menjadi lebih aman untuk kucing. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin memandikan kucing atau grooming.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat Grooming

  1. Tentukan waktu yang tepat

Pastikan waktu saat kamu memandikan kucing yakni saat kucing sedang rileks dan tidak dalam keadaan perut kosong. Atau berikan makan terlebih dahulu sebelum memandikannya. Tapi jangan langsung memandikannya setelah diberi makan. Berikan waktu sampai kucing rileks atau tenang.

2. Kucing dalam keadaan sehat

Pastikan kucingmu dalam keadaan sehat. Jika dalam keadaan sakit, lebih baik jangan dilakukan agar tidak menjadi lebih parah. Jika kamu melihat tanda-tanda kucingmu sakit sebelum memandikan kucing, lakukan pemeriksaan ke dokter hewan. Kedinginan juga bisa membuat tubuh kucing menjadi drop.

3. Lakukan konsultasi ke dokter hewan

Jika kucingmu sakit lebih baik konsultasi ke dokter hewan terlebih dahulu. Atau saat akan grooming bawa ke pet shop yang juga menyediakan fasilitas konsultasi.

4. Peralatan yang dibutuhkan harus lengkap

Peralatan yang digunakan juga harus lengkap, seperti shampoo, handuk, hair dryer, dll. Shampo yang digunakan disarankan untuk menggunakan shampoo khusus kucing. Ingat pH pada sampo manusia berbeda dengan sampo kucing. Takutnya nanti bulu kucing akan rontok.

Pakai juga shampoo yang cocok dengan kucingmu.

Baca juga : 8 Perlengkapan mandi kucing yang wajib disediakan

5. Memotong kuku kucing

Jika memandikan kucing sendiri. Disarankan untuk memotong kuku kucing terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan agar kucing tidak menyakiti kamu, misalnya mencakar kamu. Memotong kuku juga harus hati-hati ya. Takutnya nanti malah kucingmu yang terluka.

6. Gunakan air hangat

Gunakan juga air hangat. Tapi jangan langsung menyemprotkan air ke telinga, hidung, dan mata.

7. Membasahi secara perlahan

Saat ingin memulai memandikan kucing. Basahi dulu secara perlahan agar kucing tidak langsung lari. Setelah itu pakaikan sampo khusus kucing. Saat membasahi tubuh kucing jangan sampai langsung menyiram mata, hidung, atau telinganya.

8. Mengeringkan hingga benar-benar kering

Setelah selesai memandikan kucing keringkan hingga sampai benar-benar bersih. Keringkan menggunakan handuk dan menggunakan bantuan hair dryer agar lebih cepat kering. Pastikan sampai kering ya.

Rawat kucingmu dengan baik ya sobat kucingreceh.com. Berikan makanan, memandikan, memberikan vitamin, dan memberikan vaksin.

Apa itu Grooming? Ini 8 hal yang harus di perhatikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas