Tips merawat kulit kucing yang sensitif

Tahukah kamu? Kucing ternyata juga memiliki kulit sensitif. Biasanya, bulu kucing terasa halus dan lembut saat dipegang. Saat mengelus kucing dan menemukan adanya benjolan, kemerahan, atau tanda iritasi lainnya kemungkinan kucing memiliki kulit yang sensitif. Periksa kulit kucing secara menyeluruh untuk mengetahui keberadaan kutu atau parasit lainnya yang merupakan penyebab. Sesuai dengan judulnya, pada artikel kali ini akan membahas tips merawat kulit kucing yang sensitif.

Jika kucing kesayanganmu ternyata memiliki kulit sensitif yang disebabkan oleh faktor tertentu, kamu bisa mencoba tips merawat kulit kucing yang sensitif berikut ini.

Tips merawat kulit kucing yang sensitif

  1. Sikat bulu kucing

Kegiatan yang satu ini seringkali dilupakan. Padahal dengan rutin menyikat bulu kucing akan membuat kucing menjadi lebih nyaman. Karena, dapat menghilangkan bulu kucing yang rontok.

Bulu kucing yang jarang disikat akan membuat intensitas kucing menjilat bulunya meningkat. Maka dari itu, menyikat bulu kucing secara rutin dapat menjaga kesehatan dan kebersihan bulu dan kulit kucing.

Usahakan untuk menyikat bulu kucing setiap hari secara rutin.

2. Memandikan dengan sampo khusus

Menggunakan sampo khusus merupakan salah satu upaya untuk menghindari kulit dari alergi. Apabila kamu sudah mengetahui bahwa kucingmu ternyata memiliki kulit sensitif, sebaiknya gunakan sampo khusus saat memandikannya.

Dengan menggunakan sampo khusus dapat menjaga kesehatan bulu dan kulit kucing, serta menjaga kecantikan bulu kucing.

3. Berikan makanan bergizi seimbang

Pastikan makanan kucing yang kamu berikan memiliki kandungan serat dan omega-3 yang cukup. Makanan kucing yang mengandung serat dan omega-3 akan menjaga kesehatan tubuh dan kulit si kucing.

Sebagai informasi, memberikan makanan kucing secara berlebihan dapat menyebabkan kulit kucing menjadi sensitif. Meskipun kucing merupakan hewan yang hobi atau suka makan namun, kamu harus menjaga porsi makan kucing agar tidak memunculkan penyakit yang tidak diinginkan.

4. Waspada terhadap alergi

Jika kucingmu sehat dan terbebas dari parasit, bisa saja disebabkan oleh debu, serbuk sari, jamur, atau penyebab lainnya. Jika terjadi alergi pada kulit, biasanya kucing akan sering menjilati, menggaruk, dan rontok pada bulu kucing.

Untuk menghindarkan dari alergi, kamu dapat menjauhkannya dari debu, atau benda asing lainnya.

Baca juga : Penyakit FLUTD serta cara pencegahannya

5. Membersihkan kandang

Kebersihan kandang kucing sangatlah penting. Kebersihan kandang adalah faktor sehatnya kulit kucing. Melakukan membersihkan kandang secara rutin supaya kotoran dan bulu yang rontok tidak menyebabkan penyakit lain atau alergi pada kucing.

6. Waspada terhadap infeksi kulit

Saat kucing masih kecil dengan umur sekitar dibawah satu tahun, imunitas tubuh yang dimiliki masih lemah. Salah satu penyakit yang rentan dimiliki yaitu infeksi pada kulit. Maka dari itu, menjaga kesehatan kulit kucing dilakukan sejak kucing masih bayi. Penyebab infeksi pada kulit bermacam – macam, namun paling sering biasanya disebabkan oleh jamur.

Salah satu contoh jamur yang dapat menyerang kulit kucing adalah jamur ringworm. Jamur ringworm adalah kelainan pada kulit yang dapat terjadi pada kepala, badan, dan kaki. Jika dibiarkan, maka akan menyebabkan lesi atau kerusakan jaringan kulit. Pencegahan yang dapat dilakukan yakni memandikan kucing dengan sampo, dan memberikan salep khusus kulit kucing. Apabila sudah parah, kucing harus segera mendapatkan penanganan dari dokter hewan agar mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Penutup

Itulah beberapa tips merawat kulit kucing yang sensitif. Menjaga kesehatan kulit kucing sangatlah penting, apalagi kucing yang dimiliki memiliki kulit yang sensitif. Apabila kucing kesayangan kamu memiliki kulit sensitif yang tidak dapat kamu tangani sendiri dapat untuk melakukan konsultasi ke dokter hewan untuk penanganan yang lebih tepat.

Tips merawat kulit kucing yang sensitif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas